blog-indonesia.com

Kamis, 10 Januari 2013

Xbox 720 Sulap Kamarmu Jadi Dunia Game?

illumiroom



Jaman dahulu kala ketika acara Studi Tour, aku bersama teman-teman masuk ke Planetarium dan kagum melihat layar yang sangat besar sampai mengelilingi seluruh pandangan mata.
Bagaimana bila kita bisa menikmati game dengan pandangan seluas itu? Melalui IllumiRoom, Microsoft menyulap sebuah kamar yang biasa menjadi suatu layar besar yang mengililingi dirimu ketika bermain game. Penasaran seperti apa aksi IllumiRoom? Yuk saksikan  video berikut:


Menurut pengakuan Microsoft, video pameran IllumiRoom dibuat secara realtime tanpa ada efek tambahan dalam editing video. Bentuk ruangan dan berbagai objek yang ada di ruangan dibaca oleh Kinect sehingga gambar yang diproyeksikan ke tembok, lantai, dan berbagai objek lain seperti lemari dan meja bisa terlihat memiliki perspektif yang pas.
Uniknya lagi, IllumiRoom ternyata dapat membuat objek-objek yang ada di kamar terlihat berubah bentuk seperti yang diperlihatkan dalam objek lemari di video pameran IllumiRoom.
Buat kamu yang merasa “de-ja-vu” dengan IllumiRoom, tenang saja. Kamu tidak salah ingat kok. Dulu Sony memang pernah memamerkan sesuatu yang tampak serupa. Kamu bisa menyaksikannya di tayangan berikut:

Lalu siapakah yang akan menerapkan teknologi keren ini terlebih dahulu? Sony? Microsoft? Yang jelas sih saat ini Microsoft sudah mematenkan IllumiRoom dan tentunya akan menjadi sangat menarik bila bisa digunakan di Xbox 720 yang dikabarkan akan memiliki fitur-fitur augmented reality keren.