blog-indonesia.com

Jumat, 01 Maret 2013

Perbedaan Windows 7 dan Windows XP, mana yang lebih unggul unggul..??

Di bawah ini adalah 10 perbedaan utama antara Windows XP dan Windows 7.

 

1. Tidak Ada e-Mail Client
Outlook Express (OE) telah dihilangkan pada Windows Vista namun digantikan oleh Windows Mail. Anehnya, Windows tidak dilengkapi dengan e-mail client apapun saat pembelian. Pengguna harus membelinya lagi seperti Outlook atau menggunakan servis gratis seperti Windows Live Mail, atau download sebuah e-mail client yang open source seperti Thunderbird.

2. 32-bit dan 64-bit
Memang sebenarnya Windows XP juga memiliki versi 64-bit, namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Saat Anda melakukan upgrade dari Windows XP ke Windows 7, Anda harus memilih versi antara 32-bit atau 64-bit. Anda harus memilihnya berdasarkan hardware, driver, dan software yang Anda miliki.

3. Aero Desktop
Aero Desktop sebenarnya hanya mempercantik tampilan Windows 7 saja, Fitur seperti Aero Snap dapat memudahkan Anda untuk mengatur jendela-jendela yang terbuka dan tranparansi yang ada dapat memudahkan Anda untuk melihat di balik jendela-jendela yang sedang terbuka.

4. Documents and Settings
Folder Documents and Settings yang merupakan tempat dari segala file dan folder personal telah digantikan dengan folder Users.

5. Start Menu
Start Menu pada Windows 7 telah banyak berubah dan mendapat banyak kritik. Start menu tidak lagi menggunakan fly-outs dan scroll-outs untuk memperlihatkan Anda shortcut program dan folder apa saja yang ada di komputer Anda.
Sekarang Anda diharuskan untuk menggunakan scroll bar untuk mengakses shortcut yang tidak terlihat karena telah mencapai batas tempat yang dapat terlihat. Tapi jika Anda lebih senang dengan style Windows XP, Anda dapat mengubahnya sendiri.

6. Ribbon
Pada Office 2007 telah terlihat bagaimana ribbon bekerja seperti menu drop-down dan toolbar. Di Windows 7 Anda juga dapat melihat dan merasakannya pada Microsoft Paint atau Wordpad.

7. Libraries
Libraries pada Windows 7 tidak lebih dari sekedar kumpulan file yang serupa. Kumpulan konten serupa yang terletak di beberapa tempat di komputer Anda akan dibawa ke dalam sistem Library untuk memudahkan pencarian. Tentu saja Anda dapat memilih untuk menggunakan Libraries atau tidak.

8. DirectX 11
Jika Anda seorang gamer, Anda pasti tahu bahwa Anda harus terus mengikuti perkembangan hardware dan software untuk dapat menjalankan game-game yang makin berat. Secara default, Windows XP tidak men-support DirectX di atas 9.0c sehingga bila game Anda membutuhkan versi yang lebih tinggi seperti 10 dan 11, Anda tidak punya pilihan lain selain meng-upgrade Windows.

9. HomeGroup
HomeGroup adalah sebuah perubahan besar dalam home networking yang membuat paradigma sebelumnya tampak menjadi kuno dengan menggabungkan kesederhanaan, pengaturan yang mudah, dan koneksi yang stabil.

10. Touch Support
Windows 7 dahulu merupakan operating system pertama yang men-support touch atau sentuhan sebagai interface.

Adapun perbedaan keunggulan dan kekurangan Windows 7 dan Windows XP:

Windows XP 

Kelebihan  :
1. Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
 2. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
 3. Windows XP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi secara real time ke seluruh dunia
 4. Banyak software yang kompatibel
 5. Banyak sotware yang stabil berjalan di operating sistem ini.
 6. Tidak akan ada masalah antara software dan hardware.

Kekurangan  :
 1. Sistem keamanan yang kurang baik, tidak heran banyak virus dan Hecker yang gampang sekali menyerang pengguna windows XP dan Proteksi security Windows XP ketika Melakukan browsing diinternet sangat rawan, karena Windows XP ketika menginformasikan Virus Aktif baik itu yang sering menyusup seperti virus dan worm dengan melalui Security Centre tidak memberitahukan penyebabnya hanya sekedar mendeteksi untuk dikonfirmasikan terhadap pengguna, sehingga sipengguna harus menambah aplikasi utillity tambahan;

2. Resiko kehilangan data sangat besar dibanding Vista, dikarenakan sistem security centre nya tidak secara otomatis mendeteksi input-output yang tidak dikenal (unknow);

3. Dalam Remote Administration Windows XP, Network Securitiy-nya sangat lambat untuk membaca file-file crack yang bercampur dengan file system sehingga saat melakukan Akses Remote sangat rawan dari virus dan penyusup;

4. Tampilan Visual Windows XP tidak terdapat Aero (Aplikasi bawaan untuk tambahan tampilan visual ) sehingga tidak memiliki tampilan 3D;

5. Terlalu banyak system-crash dibanding pada Windows Vist;

6. Windows XP tidak dapat menampilkan preview semua file system yang dibawanya;

7. Sharing data di area jaringan tidak dapat dilakukan dengan cepat, dikarenakan Firewall-nya terlalu lama untuk menginformasikan lewat security centre terhadap server;

8. Windows XP tidak dapat mendeteksi suatu type jaringan untuk dipilih kemudian diaktifkan, ketika terdapat type jaringan dalam satu ruang dan waktu yang bersamaan seperti LAN danWLAN;

9. Windows XP ketika ingin merestore file-file sistem harus senantiasa diinstal ulang.


Windows 7 

Kelebihan :

1. proses boot/shut down lebih cepat
2. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit
3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.

Kekurangan :
1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2. Bug pada Windows Player 12
3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang diWindows 7